Analisa Web IDP Indonesia sebagai Kompetitor NIEC

Nama client: NIEC Indonesia
Alamat website: https://www.niecindonesia.com

Nama kompetitor: IDP Indonesia
Alamat website: https://www.idp.com/indonesia/

Berikut 10 poin bermanfaat yang bisa dipelajari NIEC dari website IDP Indonesia

  1. Kurangi bounce rate home yang saat ini masih 42% dengan cara memperbanyak content di halaman home
  2. Kurangi bounce rate keseluruhan yang masih di angka 61%. Bisa dibandingkan kedua halaman ini untuk contoh mengapa bounce rate NIEC masih tinggi: https://www.niecindonesia.com/study-tour-luar-negeri/ dan https://www.idp.com/indonesia/study-abroad/
  3. Perbanyak artikel yang bersifat informasi, sehingga website dapat berfungsi sebagai pusat informasi. Hal ini untuk meningkatkan revisit (kunjungan kembali). Artikel dapat berupa yang jawaban berbagai pertanyaan dan keraguan siswa. Misalnya mengapa mesti sekolah di luar negeri, cara mendapat beasiswa, dll.
  4. Video testimoni jangan dibuat open new window, agar pengunjung web jangan beralih fokus ke youtube. Bisa dibuat popup.
  5. Kesaksian berupa teks dapat dibuat lebih singkat dan menggunakan ukuran font yang lebih besar dan langsung bisa dibaca tanpa harus klik. Jika akan meniru IDP dapat memilih 3 kesaksian yang menjadi nilai jual NIEC.
  6. Tambahkan fasilitas membership (bisa login/daftar) untuk tracking data yang lebih baik.
  7. Integrasikan membership dengan social media sehingga pengunjung tidak perlu repot isi form saat mendaftar.
  8. Tambahkan backlink berkualitas untuk meningkatkan ranking SEO.
  9. Gunakan software canggih untuk meningkatkan kemampuan website. Tidak harus menggunakan software yang sama seperti yang digunakan IDP, namun memiliki fungsi yang sama. Di websitenya, IDP memanfaatkan berbagai teknologi seperti Facebook Pixel, Google Analytics dan Google Tag Manager, VeInteractive, Ruxit, Bootstrap, HTML5, JQuery, dll.
  10. Menampilkan kata kunci yang pernah di search, ditampilkan di bawah slideshow, untuk memudahkan pengunjung melakukan search ulang sekaligus mengingatkan apa yang pernah dicari.

Leave a Reply